All about skripsi

           
            Sebulan terakhir aku menghabiskan waktuku untuk benar-benar fokus mengerjakan skripsi karena aku mengejar untuk lulus di bulan desember. Meskipun begitu, sampai tulisan ini ditulis, skripsiku belum di acc oleh dosen pembimbing 2, padahal penutupan yudisium dari fakultas tanggal 15 november, tinggal 10 hari lagi. Kadang-kadang aku menyesal kenapa dulu aku banyak membuang-buang waktu dan terlalu santai hingga akhirnya skripsi ini belum selesai. Kalau aku wisuda bulan desember, total waktu kuliahku 4,3 tahun, dan kalu aku wiuda maret, berarti total kuliahku 4,6 tahun... hmmm emang masih cumlaude sih cuma kan sayang aja dengan nilai yang cukup bagus tapi waktu studynya agak lama.
            Memang banyak faktor yang menyebabkan skripsiku belum selesai dan sepertinya tiap orang juga punya kesulitan masing-masing saat mengerjakan skripsi. But particulary for me, selain karena skripsiku susah atau selain karena dosen pembimbingnya susah ditemui, jujur faktor utama adalah malas. Semester 7 aku gak ngambil kuliah sama sekali karena SKS ku sudah cukup dan memang aku fokus mengurus tanggung jawab di BEM, tapi saat semester 8 aku sudah demisioner dari BEM dan sayangnya aku gak benar-benar serius menyelesaikan skripsi hingga semester 8 lewat tanpa menghasilkan apapun.
            Mungkin banyak orang yang bilang sebenernya aku gak terlalu telat untuk lulus, apalagi banyak teman-temanku, especially yang menyandang status dalam tanda kutip “aktivis” belum lulus. Banyak juga seniorku yang baru lulus setelah 5 tahun, even 7 tahun. Tapi sebenarnya, lulus dengan cepat itu sangat penting karena hidup kita bukan cuma di kampus, apalagi hanya jenjang S1. Actually, jika emang pengen banyak belajar lagi di kampus, and if four years is not enough, kita bisa lanjut S2 dengan ilmu yang lebih tinggi lagi.
            Jadi buat teman-temanku yang masih duduk di semester awal, aku saranin buat kalian biar lulus cepet, tapi bukan berarti kalian gak bisa aktif organisasi. Aktif organisasi itu bukan halangan buat kalian untuk tetap keep IPK kalian. Tinggal kalian bisa ngebagi waktu dan kegiatan kalian, karena percuma juga kalo kalian IPK bagus, lulus cepet, tapi pengalaman organisasi kalian nol. Atau Cuma pengalaman kepanitiaan doang, itupun level jurusan, rasanya masih kurang.
            Meskipun waktu tinggal tersisa 10 hari, but i have to sure that everything still possible to happens! ya meskipun mungkin akhirnya aku gak wisuda desember, at least aku sudah berusaha dan tetap mengerjakan kewajibaku sebagai mahasiswa untuk meyelesaikan skripsi day to day!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman tes di Bank BRI

Tentang Organisasi: Sebuah Refleksi

Pengalaman Tes SKB CPNS Kemenkumham 2019