51 tahun Unsoed berdiri



                Unsoed adalah universitas negeri yang terletak di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Povinsi Jawa Tengah. Meskipun tidak sementereng Undip, UNS, dan UGM, namun Unsoed termasuk universitas yang cukup tua yaitu telah berusia 51 tahun terhitung sejak kelahirnya tanggal 23 september 1963 saat berdirinya fakultas pertanian yang awalnya adalah bagian dari UNDIP. Sehingga dosenku ada yang mengatakan Unsoed itu adalah Undip, Universitas Dipurwokerto. He he
                Di kampus 1 bulan ini semarak dengan berbagai kegiatan ulang tahun atau Dies Natalis Unsoed ke 51. Ada study tour, parade band, museum, dan lain sebagainya. Sebagai mahasiswa Unsoed, aku tidak tidak ingin ketinggalan momen momen tersebut, hehe meskipun masih masih mahasiswa baru.
                Setelah aku perhatikan, di usianya yang sudah lebih dari setengah abad ini, masih banyak para pelajar Indonesia yang masih kurang mengetahui Unsoed. Mereka lebih familiar dengan nama nama seperti UI, UGM, ITB, UNPAD, UNDIP, UPI, dan UNS. Termasuk di jawa baratpun, daerah asalku, sedikit yang mengetahui Unsoed. Akupun baru tau Unsoed menjelang ujian SBMPTN hehe. Padahal dari segi akreditasi, Unsoed termasuk Universitas yang berkualitas dengan mayoritas akreditasi jurusannya adalah A dan akreditasi Unsoed sebagai institusi universitas adalah B. Unsoed juga memiliki 8 fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Biologi, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Sains dan Teknik. Hal tersebut mungkin karena masih sedikit lulusan Unsoed yang mampu berkiprah dan berkarir dalam skala nasional sehingga sehingga kurang dikenal masyarakat Indonesia, hal ini adalah tantangan tersendiri bagi mahasiswa unsoed dan alumninya.
                Padahal Unsoed berada di kota sejuk Purwokerto yang bebas polusi dan bebas macet. Jalan Purwokerto itu lebar lebar sehingga jarang terjadi kemacetan. Juga berada di kaki Gunung Api Slamet dengan suhu udara yang sejuk sehingga kondisinya sangat mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa. Semoga kedepannya, masyarakat Indonesia dan para pelajar dari pelosok nusantara lebih mengenal Unsoed sebagai universitas negeri yang bagus dan berkualitas sebagai monument kejuangan Panglima Besar jenderal Soedirman, salah seorang Pahlawan Nasional dan Panglima Pertama Republik Indonesia. Meskipun membawa nama Jenderal, dan pada awal berdirinya juga atas bantuan dan inisiatif angkatan darat, namun kini Unsoed tidak bercorak militer. Kebijakan universitas beberapa tahun kebelakang menghilangkan mata kuliah militer dan menggantinya dengan muatan local Jati Diri Unsoed.
                Meskipun begitu, banyak hal yang harus dibenahi oleh Unsoed sebagai universitas yang mengemban misi Tri Dharma Perguruan Tinggi Negeri yaitu, menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.  semoga kedepannya, Unsoed meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, meperbaiki fasilitas gedung, memperbesar tempat ibadah seperti mesjid, meningkatkan kualitas dosen dosen yang masih S2 menjadi S3, memperbanyak ketersediaan buku di Perpustakaan, dan lebih professional sebagai institusi pendidikan tinggi, sehingga unsoed mampu mewujudkan visi nya di 2020 yaitu “Unsoed menjadi world class civic university yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni yang relevan dengan pengembangan sumber daya pedesaan yang berkelanjutan, serta penggalian dan pengembangan kearifan local” .  Selamat Ulang Tahun Unsoed yang ke 51 : )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman tes di Bank BRI

Tentang Organisasi: Sebuah Refleksi

Pengalaman Tes SKB CPNS Kemenkumham 2019